Saturday, April 16, 2011

BOGOR tempo doeloe (oude BUITENZORG)

Istana Bogor Tahun 1925

Oude Buitenzorg,,, maksudnya mau bilang Bogor tua atau Bogor di masa lalu (Buitenzorg in het verleden) ini bahasa belande setelah tanya sama mbah google si tukang translate, maap-maap kalau salah, tolong  masukannya biar bisa diperbaiki.


 

Tugu Kujang - Kota Bogor Tahun 2006


BOGOR atau dikenal juga dengan sebutan BUITENZORG adalah kota tempat tinggalku, kotaku tercintrong.

Bogor mungkin sudah banyak berubah, baik itu dari kondisi penggunaan lahannya, infrastrukturnya, transportasi dan bahkan mungkin kondisi cuaca di Bogor juga banyak berubah dibandingkan dua abad yang lalu akibat global warming dan fenomena cuaca ekstrim.

                            Istana Bogor Tahun 2007

                                                                                                              Jalan Suryakencana Tahun 2010

Jalan Pajajaran-Br.Siang Bogor Tahun 2007

NAH, ngemeng-ngemeng pada udah tau penampakan Kota Bogor Buitenzorg tercintrong dua abad yang lalu gak?

Kalau mau tau, berikut ini ada beberapa gambar penampakan kota Bogor yang waktu pengambilannya berkisar antara tahun 1800 hingga awal 1900-an dalam bentuk video sekilas. Ada kondisi beberapa lokasi di Bogor seperti Ciapus, Ciwaringin, Empang, Gadog, Jalan Roda,  Jalan Ahmad Yani, alun-alun Kota Bogor, Kebun Raya Bogor, dan Istana Bogor, kemudian kondisi beberapa Bangunan yang masih ada sejak dua abad lalu yang masih berdiri hingga sekarang seperti gedung PMI, Regina Pacis, Stasiun Kota Bogor (Station te Buitenzorg) dan stasiun lainnya, Selain itu ada juga gambar penampakan penduduk kampoeng yang disebut juga kaum Soendanese, para guru (onderwijzers), staff palang merah (personel roode kruis) dan suasana Kota Bogor pada tahun jebot lengkap dengan keterangannya (ada yang pake bahasa belande). 

Mari kita bernostalgia, penampakan Bogor tempo doeloe silahkan dilihat pada video sederhana berikut ini . . .

 

oude Buitenzorg - tahun 1800-1900an

untuk kalian yang tahu Bogor atau tinggal di Bogor pasti bisa kaan membandingkan perbedaan kota Bogor tahun 1800-1900an dengan tahun 2000an sekarang ini ....(ya iyaa lah, jelas banget bedanya). Yang pasti, Bogor yang dulu terlihat sangat sederhana sedangkan Bogor yang sekarang lebih padat, ramai, modern dan rumit.

Enjoy 'n semoga bermanfaat yaa ...

tetep
I Love Bogor
.....

@ulilproduction

4 comments:

  1. wah ... kangennya ama kota bogor. palagi ama jalan suryakencana yg padet merayep banget. salam ya bwt kota bogor tercintrong ... hihi.

    nitip pala manis bogor downk! ^.*

    ReplyDelete
  2. kata kota Bogor : "Salam balik buat teh erien" tuh, hehe...

    pala manis banyak di bogor, kalo disana cuma ada pala botak ta teh... hihihii

    ReplyDelete